Survei Franchisee KFC Minta Franchisor BenahiI Brand

Selasa, 18 Januari 2011
The Association of KFC Franchisees (AKFCF), sebuah asosiasi para franchisee raksasa waralaba fastfood, KFC, melansir hasil survey yang menunjukkan para franchiseenya tidak senang dengan arah brand saat  ini. Para franchisee meminta manajemen segera memperbaikinya.  

Berdasarkan berita yang dilansir bluemaumau.com, pihak franchisee dalam suratnya, (31/03), kepada President Kentucky Fried Chicken Corporation’s, Roger Eaton, memperesentasikan hasil survey tahun 2010, dengan garis besar persoalan tentang membangun masa depan yang sukses. Namun, kendati survey dilakukan oleh asosiasi franchisee yang independent bersama tim senior management KFC, pada menit terakhir pihak franchisor memutuskan untuk membatalkan proyek.  

Berdasarkan sumber yang dirahasiakan, pihak KFC telah membertahu kepada asosiasi Desember lalu, bahwa pihaknya keluar dari upaya bersama itu, tetapi AKFCF tetap melanjutkan survey tanpa partisipasi pihak perusahaan. 

Tujuan dari survey ini adalah untuk mengindentifikasi hambatan yang menganggu hubungan kerja antara pihak KFC dengan para franchiseenya, serta menunjukkan kepedulian terhadap masalah tersebut. Franchisee mengatakan, survey juga bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan keberhasilan hubungan.

Asosiasi franchisee berharap, hasil survey akan membangun kepercayaan yang kuat sebagai sebuah organisasi, terutama dalam kemitraan franchisee dengan KFC Corporation selaku franchisor yang merupakan bagian dari Yum Brands. 

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sudah dikembangkan sejak tahun lalu oleh anggota Balanced scorecard committee bersama tim manajemen dari KFC, dengan bantuan konsultan independent, Mike Takla (MGT & Associates). 

Survei tersebut didistribusikan untuk 539 penerima AKFCF dengan tanggal penyelesaian yang ditetapkan untuk konvensi Februari 2010. Survey Monkey, sebuah desain  customized assessment tools, menangani koleksi on-line dan konsolidasi hasil dalam survey ini.

Surat kepada Eaton mengungkapkan, sekitar tiga per empat dari franchisee menanggapi hasil survey (74%).  Dalam hasil analisis franchisee, mereka mengidentifikasikan empat aksi utama yang membutuhkan perhatian segera. Diantaranya adalah, Membangun Kembali Kepercayaan, Produk Baru, Operational Excellence and Training dan Model Bisnis.

AKFC meminta pihak KFC untuk mengomentari bagaimana perusahaan berencana untuk memperbaiki ukuran kinerja yang telah ditunjukkan dari hasil survey  itu. Tetapi sejauh ini, President KFC belum menanggapi.

 

http://www.majalahfranchise.com/?link=franchise_international&id=322

0 komentar:

Posting Komentar